RPP ini dirancang untuk topik Pemanasan Global dan Perubahan Iklim yang terdiri dari 3 pertemuan. Pembelajaran menggunakan model Project-Based Learning (PBL) dan berbantuan blended learning. Siswa berpartisipasi dalam debat panel mengenai isu-isu pemanasan global dan perubahan iklim. Siswa dibagi ke dalam kelompok dengan peran-peran spesifik seperti para ahli, pemerintah, aktivis lingkungan, pelaku industri, masyarakat umum, dan remaja. Tujuan pembelajaran dalam RPP ini adalah agar siswa mampu menjelaskan penyebab terjadinya pemanasan global dan menganalisis pengaruh peningkatan konsentrasi gas rumah kaca terhadap fenomena perubahan iklim berdasarkan data ilmiah. Selain itu, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi langkah-langkah mitigasi yang relevan untuk mengurangi dampak perubahan iklim.
Kegiatan pembelajaran meliputi diskusi, kajian mandiri, dan presentasi dalam bentuk debat panel yang berfokus pada solusi terhadap isu perubahan iklim. Penilaian meliputi literasi keberlanjutan, kolaborasi, dan komunikasi siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. RPP ini membantu guru untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran aktif, memotivasi mereka untuk mengeksplorasi isu lingkungan secara ilmiah, dan mengembangkan kemampuan dalam menyampaikan argumen berdasarkan data yang valid.