RPP 2. Proyek Pengurangan Jejak Karbon

 

RPP ini dirancang untuk topik Pemanasan Global dan Perubahan Iklim, dengan fokus pada subtopik Pengurangan Jejak Karbon, dan terdiri dari 2 pertemuan. Pembelajaran menggunakan model Project-Based Learning (PBL) dan dilengkapi dengan blended learning. Dalam proyek ini, siswa diminta untuk menghitung jejak karbon pribadi berdasarkan aktivitas sehari-hari seperti penggunaan listrik, transportasi, dan konsumsi. Siswa juga menganalisis sumber utama emisi karbon dari aktivitas mereka serta menyusun rencana aksi untuk mengurangi jejak karbon secara nyata. Tujuan pembelajaran dalam RPP ini adalah agar siswa mampu menghitung jejak karbon mereka, memahami kontribusi aktivitas manusia terhadap emisi gas rumah kaca, serta mengidentifikasi langkah-langkah mitigasi yang efektif untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Kegiatan pembelajaran mencakup diskusi, kajian mandiri, dan presentasi hasil proyek terkait pengurangan jejak karbon. Penilaian berfokus pada literasi keberlanjutan, kolaborasi, dan komunikasi, dengan tujuan membantu siswa menerapkan aksi nyata dalam kehidupan sehari-hari untuk mengurangi emisi karbon. RPP ini memberikan panduan kepada guru untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran yang berorientasi pada solusi nyata dan memotivasi mereka untuk bertindak dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.