RPP ini dirancang untuk topik Pemanasan Global dan Perubahan Iklim, dengan fokus pada subtopik Kampanye Perubahan Iklim, dan terdiri dari 3 pertemuan. Pembelajaran menggunakan model Project-Based Learning (PBL) serta didukung oleh blended learning. Dalam proyek ini, siswa diminta untuk menyusun dan melaksanakan kampanye perubahan iklim dengan tujuan meningkatkan kesadaran warga sekolah tentang pentingnya mitigasi perubahan iklim. Siswa bebas memilih media kampanye, seperti poster, video, atau sosialisasi langsung, yang sesuai dengan strategi kampanye mereka. Tujuan pembelajaran dalam RPP ini adalah agar siswa mampu menyusun media dan strategi kampanye yang efektif, serta mengomunikasikan dampak perubahan iklim dan langkah mitigasi melalui media yang dipilih.
Kegiatan pembelajaran meliputi diskusi, belajar mandiri, perancangan media, dan presentasi hasil kampanye. Penilaian difokuskan pada literasi keberlanjutan, kolaborasi, dan komunikasi, yang membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kolaboratif. RPP ini bertujuan untuk membekali guru dengan pendekatan yang dapat memotivasi siswa untuk berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan di komunitas sekolah mereka, sekaligus mengasah keterampilan kampanye yang relevan dengan tantangan global terkait perubahan iklim.